Test Footer

Minggu, 24 Juni 2012

PENYEBAB KEMATIAN IBU SAAT IBU MELAHIRKAN

           Hidup dan mati,kondisi inilah yang dihadapi para ibu hamil pada saat mereka masuk dalam ruang persalinan.Nyawa ibu atau nyawa anak akan menjadi taruhannya.Tak jarang salah satu dari mereka akan meninggalkan keluarga.

Penyebab kematian ibu saat melahirkan diantarnya :

Perdarahan
apabila terjadi perdarahan minimal harus ditangani atau ditolong dua orang tenaga kesehatan.Satu orang tenaga kesehatan mengamankan jalan infus dan yang satunya lagi mengatasi perdarahan.Perdarahan merupakan penyebab utama kematian ibu melahirkan.

Infeksi
Infeksi bisa terjadi akibat kurangnya kebersihan atau kesterilan dari alat-alat dan petugas kesehatan yang menangani persalinan.Sebaiknya petugas sebelum memegang pasien sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.

Eklamsi
Eklamsi adalah tekanan darah yang meninggi disertai dangan kejang.Sesuatu keadaan tersebut sulit untuk diprediksikan atau diketahui penyebabnya sehingga masih kurang maksimal.Jika terjadi eklamsi harapan ibu hidup 40%, sedangkan 99% bayi meninggal.Pada keadaan seperti itu pertologan diutamakan pada Ibu. 

Solutio Plasenta
Solutio Plasenta adalah pelepasan sebagian atau seluruh jaringan plasenta pada insersinya difundus uteri sebelum waktunya persalinan.Keadaan tersebut bisa berakibat pada ibu dan janin.

Keadaan tersebut dapat dihindari dengan cara hidup sehat dan persalinan ditolong  atau ditngani petugas kesehatan yang profesional.

0 komentar:

Posting Komentar