Test Footer

Minggu, 24 Juni 2012

PENYAKIT ALZHEIMER

               Penyakit Alzheimer merupakan suatu proses degenerasi yang terjadi satu kali  pada sel yang terletak pada dasar otak depan yang mengirim informasi ke korteks serebral dan hipotalamus. Insiden yang terjadi kebanyakan menyerang usia 65 tahun.
Penyebab dari Penyakit Alzhaimer adalah faktor lingkungan, proses auto imun, keracunan aluminium, idopatik, dan genetik.

Penyakit Alzheimer dibagi atas 3 tahap :

Tahap I (Ringan)
Tahap I ini merupakan tahap yang masih ringan, bisa ditandai dengan gangguan mental yang ringan, pelupa, sulit mengambil keputusan, kurang mempunyai inisiatif,orangnya sering lamban.

Tahap II (Sedang)
Tapan II lanjutan dari tahap yang pertama bisa ditandai dengan orangnya sering bingung, gelisah, emosi labil,kurang tidur, inkontinentia urine, perlu pengawasan terus menerus dari keluarga.

Tahap III (Berat)
Tahap III merupakan tahap yang sudah berat,orang yang sudah mengalami penyakit alzheimer pada tahap ini sudah tidak bisa melakukan aktivitas dalam lingkungan, tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga, inkotinentia total.

Beberapa cara untuk mencegah penyakit Alzheimer, di antaranya yaitu;
  1. Bergaya hidup sehat, misalnya dengan rutin berolahraga, tidak merokok maupun mengkonsumsi alkohol.
  2. Mengkonsumsi sayur dan buah segar.
  3. Menjaga kebugaran mental (mental fitness). Istilah ini mungkin masih jarang terdengar. Cara menjaga kebugaran mental adalah dengan tetap aktif membaca dan memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar