Test Footer

Minggu, 17 Juni 2012

MENGATUR MENU MAKANAN SEHAT

Makanan sehat adalah makanan yang mempunyai keseimbangan gizi,mengandung serat,dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk perkembangan.Makanan yang baik bukan hanya untuk memenuhi rasa lapar dan dahaga.Untuk menjaga kesehatan kita memerlukan asupan gizi yang seimbang.Karena itu menu makanan sehat perlu diperhatikan.
Pola makanan 4 sehat 5 sempurna dijadikan pedoma untuk menu makanan sehat.Melalui pola tersebut kita bisa membuat berbagai macam masakan.Dan yang paling penting hindari maknan kemasan.
Menu makanan sehat juga berhubungan dengan jumlah dan frekuensi makanan.kebanyak orang yang sudah asyik dengan dunia kerjanya biasanya mereka lupa untuk istirahat.Padahal apabila perut terasa lapar sebaiknya kita harus segera makan.Karena dalam dunia kesehatan lebih baik makan sedikit tapi sering daripada makan banyak tapi jarang.
Selain jumlah makanan,menu makanan sehat juga berkaitan denga jenis makanan.Apapun makanannya harus sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.Berdasarkan kebutuhan tubuh ada 3 fungsi yaitu,sumber tenaga,sumber pengatur,sumber pembangun.
Jenis makanan yang mengandung sumber tenaga seperti nasi,umbi-umbian,jagung.Sedangkan sumber  pengatur dari makanan sayur-sayuran,buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.
Untuk menmperoleh kecukupan gizi sebaiknya menu makanannya bervariasi.Selain itu juga hindari makanan yang kurang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar