Test Footer

Kamis, 21 Juni 2012

MENGATUR POLA MAKAN PADA IBU HAMIL

       Pada saat hamil kebutuhan  nutrisi akan meningkat,karena proses pertunbuhan janin dan persiapan menyusui bila janinsudah lahir.Namun,bukan berarti ibu harus melipat gandakan makanan dari biasanya.Tapi, kenyataanya berbeda, Ibu sering mengalami mual muntah saat makan.
Untuk menyikapi hal tersebut atur pola makanan yang sesuai dengan gizi seimbang :

Banyak Mengkonsumsi Protein
Karena ibu hamil akan mengalami peningkatan kebutuhan protein. Makanan yang banyak menggandung protein seperti, daging, telur, ikan, dan  ayam.Makanan tersebut harus dikonsumsi selama hamil dan bisa divariasikan makanan tersebut supaya ibu hamil bosan.

Banyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah
Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral. Berarti, dengan mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak akan memberikan asupan vitamin dan mineral lebih banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi janin dan ibu.

Upayakan Banyak Minum Susu
Minuman seperti susu, keju, dan yoghurt kaya zat gizi penting (seperti kalsium) dan zat gizi lain yang dibutuhkan dalam perkembangan janin. Jika memungkinkan ibu hamil sering mengkonsumsi susu. Usahakan minum susu 2-3 kali dalam sehari.

Kebutuhan Kalsium Tercukupi
Produksi olahan seperti susu, keju, yoghurt kaya akan kalsium. Selain itu dapat, meningkatkan asupan kalsium dari ikan sarden, roti, dan sayuran berdaun hijau. Sehingga Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tersebut setiap hari karena kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Kebutuhan Zat Besi Terpenuhi
Daging, sayuran berdaun hijau, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan merupakan bahan makanan sumber zat besi. Apabila ibu yang sedang hamil kurang mengonsumsi makanan sumber zat besi, ibu tidak perlu takut kekurangan zat besi. Mengonsumsi zat besi dalam jumlah cukup sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Jika kekurangan zat besi, ibu hamil akan mudah letih dan mungkin menderita anemia. Apabila hal ini terjadi, ibu memerlukan suplemen zat besi.

0 komentar:

Posting Komentar